FRESHGRADUATE

8 02 2011

Incar Karier Industri Kreatif Sedari Dini

Rifa Nadia Nurfuadah – Okezone

Sabtu, 13 November 2010 – 09:07 wib

Image: corbis.com

JAKARTA – Dunia kini sedang gandrung pada ekonomi kreatif, yaitu perekonomian yang menjadikan kreativitas dan kemampuan intelektual muda sebagai dagangan utama. Akibatnya, tren industri pun bergeser menjadi industri kreatif, termasuk di Indonesia.

Sebagai anak muda, kamu bisa memilih sektor mana saja sesuai dengan jurusan kuliahmu. Sehingga, ketika lulus kuliah, kamu sudah rencana yang matang apa yang harus dilakukan.

Agung Bawantara dalam buku Most Wanted Creative Jobs terbitan gagas Media mencatat, pemerintah sejak 2006 telah meluncurkan Indonesia Design Power 2006-2010 untuk menggarap industri ini. “Pada 2016, diperkirakan industri kreatif yang sekarang masih bergerak di sektor seni, musik, fashion, periklanan, kuliner, dan kerajinan ini bakal menyumbang pendapatan negara sebesar 10 persen!” tulis Agung.

Mau tau apa saja profesi yang menjanjikan dalam tren industri kreatif? Simak daftar berikut.

1. Periklanan. Kegiatan ini berkaitan dengan kreasi dan produksi iklan seperti riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, serta tampilan iklan di media cetak dan elektronik.

2. Arsitektur. Kegiatan kreatif pada bidang ini berkaitan dengan cetak biru bangunan dan informasi produksi. Beberapa spesifikasi dalam arsitektur di antaranya perencanaan taman, kota, konservasi bangunan warisan budaya, dna lain-lain.

3. Pasar seni dan barang antik. Profesi dalam bidang ini melibatkan kreasi dan perdagangan melalui lelang, galeri, maupun internet.

4. Kerajinan. Pegiat kerajinan umumnya memproduksi dan memasarkan karyanya yang dibuat dari berbagai material seperti batu berharga, logam, kayu, kaca, porselin, atau kain.

5. Desain. Ada beberapa kekhususan dalam bidang ini seperti desain grafis, interior, produk, industri, pengemasan, dan konsultasi identitas perusahaan.

6. Desain fashion. Nah, yang ini bisa dicoba bagi kamu pecinta fashion dan mode. Sebab, industri desain fashion mengulik segala hal tentang sandang mulai dari pakaian, alas kaki, hingga aksesorinya. Tidak hanya itu, industri ini juga termasuk konsultasi lini produk fashion serta distribusinya.

7. Video, film, dan fotografi. Di sini kamu bisa ngulik banyak hal tentang video, film, dan fotografi. Termasuk juga soal penulisan naskah, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan ekshibisi film.

8. Permainan interaktif. Kalau kamu suka game komputer, enggak ada salahnya mengembangkan kesukaanmu menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Bidang ini meliputi kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer yang bisa bersifat hiburan, ketangkasan, atau bahkan pendidikan.

9. Musik. Jangan cuma asik ngeband di studio sewaan doang. Kembangkan bakat dan kemampuanmu dengan menjadi pegiat industri musik. Kamu akan bergelut degan kreasi, produksi, distribusi, dan ritel rekaman suara, hak cipta rekaman, promosi musik, penulisan lirik, penciptaan lagu atau musik, pertunjukan musik, penyanyi, dan komposisi musik.

10. Seni pertunjukan. Biasanya yang termasuk seni pertunjukan adalah balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, teater, opera. Banyak yang bisa digali di bidang ini. Misalnya bagaimana menciptakan sebuah pertunjukkan yang bagus dengan mempersiapkan desain kostum, panggung, dan pencahayaan secara maksimal.

11. Penerbitan dan percetakan. Kamu bisa membantu para penulis menerbitkan karya-karya mereka. Bidang ini tidak hanya meliputi penerbitan buku secara spesifik, tetapi juga kegiatan penerbitan koran, majalah, konten digital, serta kegiatan kantor berita.

12. Layanan komputer dan piranti lunak. Ini pas banget buat kamu yang hobi ngulik teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Profesi yang bisa kamu tekuni di antaranya programmer, web designer, dan analis piranti lunak.

13. Televisi dan radio. Di sini kamu bisa mengembangkan kreativitas dan imajinasimu dengan merencanakan, memproduksi, dan menyiarkan suatu program yang menarik di televisi dan radio.

14. Riset dan pengembangan. Bidang ini juga tak kalah menarik karena menawarkan penemuan ilmu dan teknologi serta penerapannya untuk perbaikan suatu produk atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Nah, apa yang kamu pilih? (rfa)(rhs)

sumber : http://kampus.okezone.com/read/2010/11/12/370/392836/incar-karier-industri-kreatif-sedari-dini


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: