PGSD

SEJARAH FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Pada tanggal 19 September 1964 dengan nama IKIP Malang Cabang Surabaya dinyatakan sebagai IKIP Induk dengan nama IKIP Surabaya, yang dipimpin oleh suatu presidium sesuai dengan SK Menteri PTIP No. 182 tahun 1964. IKIP Surabaya berdasarkan surat keputusan tersebut memilik 5 Fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS), Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS), Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE) dan Fakultas Keguruan Ilmu Teknik (FKIT), yang disahkan dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 260 tahun 1965. Selanjutnya pada tahun 1977 Sekolah Tinggi Olahraga (STO) Surabaya berintegrasi dan menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan (FKIK) sesuai dengan SK Menteri P dan K No. 042/O/1977 Tanggal 22 Februari 1977.

Dengan demikian pada perkembangannya IKIP Surabaya mempunyai 6 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Fakultas Pendidikan Teknik dan Kerumahtanggaan (FPTK) dan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan (FPOK) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 1981.

Pada tahun akademik 1998 IKIP Surabaya dipercaya mengemban perluasan mandat (wider mandate) untuk mengelola program non kependidikan. Kemudian melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 93 tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999 secara resmi IKIP Surabaya menjadi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dengan enam fakultas, yaitu Fakultas IImu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan IImu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas IImu Sosial (FIS), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas IImu Keolahragaan (FIK). Berdasarkan pasal 2 dokumen perubahan status tersebut, Unesa.

VISI DAN MISI

Visi :
Pengembang ilmu pendidikan, penghasil insan cerdas dan kompetitif.

Misi :

  1. Menyelenggarakan program pendidikan guru yang professional, beraklaq mulia dan peka terhadap kearifan budaya lokal.
  2. Menyelenggarakan program pendidikan ahli kependidikan yang handal, berwawasan global, peka terhadap tuntutan perubahan dunia pendidikan, dan berjiwa interpreuner.
  3. Mengembangkan dan menyelenggarakan program pendidikan profesi kependidikan yang profesional dan berjiwa interpreuner.
  4. Menyelenggarakan program penelitian kependidikan yang mendasar, kontekstual dan komprehensif
  5. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat di bidang kependidikan berbasis kearifan budaya lokal

Tujuan :
Tujuan program kependidikan adalah menghasilkan lulusan yang memiliki:

  1. Melaksanakan kajian pengembangan Ilmu Pendidikan dan terapan hasil pengembangan ilmu pendidikan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai sikap, nilai, perilaku, tanggung jawab, dan kepribadian yang mantap untuk menunjang pelaksanaan tugas sebagai pendidik dan tenaga kependidikan
  3. Menghasilkan tenaga kependidikan guru dan non guru yang mempunyai wawasan, pengetahuan teori, dan keterampilan yang profesional dalam melaksnakan tugas di lembaga sekolah dan non persekolahan.
  4. Menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan luar sekolah, teknologi pendidikan, pendidikan di sekolah dasar, pendidikan anak usia dini, manajemen pendidikan, pendidikan luar biasa, dan psikologi.
  5. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan.

menyelenggarakan dua program yaitu program pendidikan dan program non kependidikan.

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sebagai salah satu fakultas dari enam fakultas yang dimiliki IKIP Surabaya yang sekarang menjadi Universitas Negeri Surabaya tetap konsisten baik dalam hal nama (FIP) maupun program yang dikelola yaitu Program Kependidikan.
Dengan berpedoman pada Higher Education Long Term Strategics (HELTS) 2003- 2010, saat ini Unesa sedang dalam tahap finalisasi proses revisi Rensta, yang nantinya dinarnakan Renstra Unesa 2005-2015. Revisi ini dipandang perlu untuk mengakomodasi tuntutan peningkatan kualitas pengembangan daya saing bangsa, dan pengembangan Unesa yang sesuai dengan kebijakan pada HELTS 2003-2010 dan tuntutan stakeholders.

S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Profil Program Studi

Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini bertujuan menghasilkan tenaga guru Sekolah Dasar yang memiliki kualifikasi dan kompetensi seperti yang dirumuskan pada tujuan Institusional Unesa dan memiliki kekhasan mengetahui pengetahuan dasar situasi pengajaran dan pembelajaran di sekolah dasar secara komprehensif, mantap dan mendalam, sehingga dapat menerapkan dan mengembangkan kemampuannya dan menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan perubahan.

2 responses

23 10 2010
zudha wahyu 101644045

cak yoopo rekkk yaa lumayan lah bwt blognya hehehehehehehe

9 02 2011
jendelailmoe

ada.. masukan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: